Azmit, Diko Julian (2022) Hubungan Metode Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Dengan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Paud Mawar Jingga Dan Paud Harapan Bunda Tahun 2022. Diploma thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG.
Cover & Abstrak.pdf - Published Version
Download (1MB)
BAB I .pdf - Published Version
Download (1MB)
BAB PENUTUP .pdf - Published Version
Download (1MB)
Daftar Pustaka .pdf - Published Version
Download (1MB)
Skripsi Full .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ALIFAH PADANG
Skripsi, Oktober 2022
Diko Julian Azmit
Hubungan Metode Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 dengan Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah di PAUD Mawar Jingga dan PAUD Harapan Bunda Tahun 2022
xiii + 57 Halaman + 5 Tabel + 2 Gambar + 11 Lampiran
ABSTRAK
Akibat gangguan perkembangan motorik halus didapatkan data Riskesdas tahun 2018, indeks perkembangan anak usia 36-59 bulan di Indonesia sebesar 88,3%. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran daring dengan motorik halus anak usia pra sekolah di PAUD Mawar Jingga dan PAUD Harapan Bunda tahun 2022.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain retrospektif yang telah dilaksanakan dari bulan Maret-September 2022. Populasi semua anak berjumlah 50 orang, dengan teknik sampel total population. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan lembar Denver II pada tanggal 18-31 Agustus 2022. Data dianalisa menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi-Square.
Hasil penelitian didapatkan 52,0% pembelajaran daring efektif pada anak usia pra sekolah. Sebesar 58,0% motorik halus normal pada anak usia pra sekolah. Terdapat hubungan metode pembelajaran daring dengan motorik halus pada anak usia pra sekolah (p = 0,002).
Hasil penelitian disimpulkan terdapat hubungan metode pembelajaran daring dengan motorik halus pada anak usia pra sekolah. Diharapkan kepada guru-guru yang ada di PAUD Mawar Jingga dan PAUD Harapan Bunda agar dapat terus memberi apresiasi terhadap siswa yang memiliki kecerdasan, dan memberikan kegiatan-kegiatan yang lebih bervariatif untuk dijadikan media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak.
Daftar Pustaka : 22 (2015 - 2022)
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Motorik Halus, Anak Prasekolah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Keperawata stikes Alifah |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 04:51 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 04:51 |
URI: | http://repo.stikesalifah.ac.id/id/eprint/772 |